Minggu, 28 September 2014

Program Tahfidz Ponpes Pangeran Diponegoro Yogyakarta


  1. Waktu pengajian al-Qur’an dan program tahfidz Ponpes. Pangeran Diponegoro Yogyakarta dilaksanakan ba’da subuh dan ba’da isya masing-masing maksimal selama satu jam.
  2. Setiap santri dikelompokkan menjadi beberapa halaqoh sesuai dengan kemampuan masing-masing setelah mengikuti tes pembagian kelas al-Qur’an
  3. Setiap halaqoh akan dibimbing oleh ustadz/ah yang telah ditentukan
  4. Target umum adalah semua santri dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan tartil. 
  5. Target khusus kelas awwal 

  1. Dapat membaca iqro dari tingkat satu sampai enam dengan lancar dan tartil. 
  2. Santri kelas awwal membaca iqro satu halaman ba’da subuh dan satu halaman ba’da isya. Jika satu halaman pada satu waktu membaca masih belum lancar maka harus diulang pada waktu membaca berikutnya sampai benar-benar lancar. 
  3. Untuk menghindari kejenuhan, ustadz / ah dapat membimbing hafalan lisan surat-surat pendek dengan cara membacakan ayat per ayat kemudian diulangi oleh setiap santri dengan bersama-sama. 
  4. Santri yang sudah selesai mengkhatamkan iqro dengan lancar dan tartil dapat naik ke kelas wustho dan melanjutkan untuk membaca al-Qur’an dan mulai menghafal juz ‘amma. 
  •  Target kelas wustho


  1. Dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan tartil serta menghafal juz ‘amma sampai surat an-Naba.
  2. Santri kelas wustho membaca al-Qur’an satu halaman per hari dengan disima’ oleh ustadz / ah nya masing-masing pada ba’da isya.
  3. Untuk hafalan, santri diharapkan mampu menghafal juz ‘amma sampai surat an-naba dalam waktu dua periode/semester yang dilaksanakan pada ba’da subuh dengan ketentuan hafal dengan tartil dan lancar.
  4. Bagi santri yang sudah melewati target sebelum waktu yang ditentukan atau yang sudah selesai pada waktu yang ditentukan, dapat naik ke kelas ‘ulya untuk meneruskan hafalannya ke surat-surat pilihan.

   
  • Target kelas Ulya


  1. Dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan tartil serta menghafal surat-surat pilihan yang telah ditentukan serta ditambah juz 1 bagi yang sudah selesai.
  2. Santri kelas ‘ulya membaca al-Qur’an satu halaman per hari dengan disima’ oleh ustadz / ah nya masing-masing pada ba’da isya.
  3. Untuk hafalan, santri diharapkan mampu menghafal surat-surat pilihan di antaranya : 1. Yaasin, 2. As-Sajdah, 3. Ar-Rahman, 4. Al-Waaqi’ah, 5. Al-Mulk serta Juz 1 bagi yang sudah selesai menghafal surat-surat tersebut dalam waktu dua periode/semester yang dilaksanakan pada ba’da subuh dengan ketentuan hafal dengan tartil dan lancar.
  4. Bagi santri yang sudah melewati target sebelum waktu yang ditentukan atau yang sudah selesai pada waktu yang ditentukan, jika bersedia dan siap dapat naik ke kelas tahfidz untuk meneruskan hafalannya.
  5. Bagi santri yang belum siap naik ke kelas tahfidz maka diperbolehkan tetap di kelas ‘ulya dengan catatan tetap meneruskan hafalannya yang ia mampu.
  • Target kelas tahfidz


  1. Mampu menghafal sebanyak 1 halaman setiap hari.
  2. Mampu disimak 1 juz setiap bulan dengan pengeras suara.
  3. Menjadi baromater bagi santri lain.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar